Senin, 12 Oktober 2015

Cara Mimilih Kambing Qurban yang Baik


Dalam Islam kita diberikan tuntunan yang harus dilakukan dalam memilih kambing qurban yang baik dan benar. Ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan agar ibadah qurban ini sesuai dan pahalanya dapat diterima oleh orang yang berqurban.

Dari segi umur Kambing Qurban :
Pilihlan hewan qurban yang sudah cukup umur (artinya sesuai dengan perintah), kriteria umurnya adalah antara 12 sampai 18 bulan untuk domba atau kambing. Sedangkan untuk sapi atau kerbau berumur 22 bulan. Lalu bagaimana cara mengetahui umur si hewan qurban? Amati gigi ternak tersebut. Jika gigi susunya telah tanggal (dua gigi yang paling depan), itu pertanda bahwa hewan qurban (kambing atau domba) sudah berumur antara 12 hingga 18 bulan. Sedangkan gigi susu milik sapi atau kerbau baru tanggal di antara umur 22 bulan.

Dari segi Kesehatan Kambing Qurban :
Hewan itu layaknya manusia, ia sehat bila di rawat. Ia sehat apabila diperhatikan oleh pemiliknya. Kambing qurban yang sehat tentu sangat baik bila di persembahkan kepada Allah yang memerintahkan Kita dan diberikan kepada manusia yang memakannya. Ada beberapa kriteria yang menjadikan Kambing Qurban sehat secara fisik.
Pertama, Celah kuku bersih, tidak ada luka, tidak ada peradangan, tidak ada pembengkakan.
Gerak/temperamennya bebas, lincah, kuat, bersemangat, tidak pincang, tidak gelisah, dan selera makannya bagus
Menurut pengecekan medis ; secara kesehatan Kambing yang akan di Qurban kan itu sehat. Tidak berpenyakit. Contoh penyakit yang menyerang kambing adalah Radang Kuku atau Kuku Busuk, Mastitis, Antraks, Cacingan dan masih ada lagi yang lain.

Itu beberapa tulisan yang berkaitan dengan cara memilih Kambing Qurban yang baik. Nantikan tulisan selanjutnya untuk memilih atau menawar Kambing Qurban yang ada di pinggir jalan Semarangan.

Pada artikel selanjutnya : Penjual Kambing Musiman di Hari Idul Adha.

Kami juga menjual Kambing di Area Semarang dan sekitarnya. Kami membeli pula peranakan Kambing yang masih anak-anak untuk digemukkan kan di jual pada waktu yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar